Jumat, 10 Februari 2012

Tentang Penyakit Lupus

Penyakit Lupus adalah penyakit autoimun dimana sistem kekebalan tubuh menjadi hiperaktif dan menyerang normal, jaringan sehat. Hal ini mengakibatkan gejala seperti peradangan kerusakan, bengkak, dan pada sendi, kulit, ginjal, darah, jantung, dan paru-paru.

Menurut Yayasan Lupus Amerika (LFA), 1,5-2000000 Amerika memiliki beberapa bentuk lupus. Prevalensinya sekitar 40 kasus per 100.000 orang antara Eropa Utara dan 200 per 100.000 orang antara orang kulit hitam. Meskipun penyakit mempengaruhi baik pria maupun wanita, wanita didiagnosa 9 kali lebih sering daripada pria, biasanya antara usia 15 dan 45. Wanita Afrika-Amerika menderita gejala yang lebih berat dan tingkat kematian lebih tinggi.

Faktor risiko lainnya mencakup paparan sinar matahari, obat resep tertentu, infeksi dengan virus Epstein-Barr, dan paparan bahan kimia tertentu.

Berdasarkan fungsi normal, sistem kekebalan tubuh membuat protein yang disebut antibodi untuk melindungi dan melawan antigen seperti virus dan bakteri. Penyakit lupus membuat sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan antara antigen dan jaringan sehat. Hal ini menyebabkan sistem kekebalan tubuh untuk antibodi langsung terhadap jaringan sehat - bukan hanya antigen - menyebabkan pembengkakan, nyeri, dan kerusakan jaringan. Mungkin sangat berbahaya sekali penyakit lupus ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar